promil yang terbukti berhasil

Cara Memancing Kehamilan Secara Alami Dengan Cepat

Cara Memancing Kehamilan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pasangan yang ingin segera dikaruniai keturunan. Kehadiran momongan atau buah hati tentunya merupakan impian bagi setiap pasangan suami istri. Banyak cara yang sudah dilakukan tetapi masih belum juga dikaruniai anak, terkadang membuat bunda dan suami menjadi stres.

Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat Ayah dan Bunda terapkan untuk memancing kehamilan secara alami agar cepat dikaruniai buah hati.

1. Melakukan Hubungan Suami Istri Secara Intens
Kunci utama dari kehamilan tentu adalah berhubungan badan antara suami dan istri. Penelitian menyatakan kalau melakukan hubungan seks secara intens maka peluang kehamilannyapun tinggi. Pada dasarnya kehamilan bisa terjadi jika kedua pihak dari pasangan memiliki tingkat kesuburan yang bagus. Sebelum merencanakan kehamilan, ada baiknya terlebih dahulu Ayah dan Bunda melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini untuk memastikan Ayah dan Bunda dalam kondisi sehat dan siap untuk memulai kehamilan.

Cara memancing kehamilan ini bisa dilakukan sendiri di rumah bersama pasangan. Ada beberapa cara yang patut dicoba untuk meningkatkan peluang hamil. Berikut beberapa faktor yang penting diperhatikan agar meningkatkan peluang hamil yaitu :

a. Melepas alat Kontrasepsi
Alat kontrasepsi bertujuan untuk mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi yang sering digunakan, yaitu kondom, pil KB, KB suntik, KB implan, dan IUD (intrauterine device) atau yang sering dikenal dengan KB spiral. Umumnya, Bunda bisa langsung hamil setelah melepaskan alat kontrasepsi, namun jika Bunda adalah pengguna KB suntik, maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk bisa mengembalikanfungsi normal dari hormon tubuh seperti sedia kala. Waktu yang dibutuhkan dapat bervariasi pada masing-masing orang, umumnya sekitar 9 bulan setelah menghentikan KB suntik. Jadi, jangan lupa ya Bunda untuk terlebih dahulu melepas alat kontrasepsi.

b. Melakukan hubungan saat masa subur
Masa subur merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam merencanakan kehamilan. Masa subur atau yang dikenal dengan ovulasi adalah saat ovarium melepaskan sel telur yang kemudian akan dibuahi oleh sperma Ayah. Melakukan hubungan suami istri pada masa subur tentunya akan meningkatkan kesempatan Bunda untuk hamil. Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda. Masa subur tergantung dari siklus menstruasi, umumnya 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang lebih lama sampai 35 hari.

c. Tidak menggunakan pelumas saat berhubungan
Pelumas mengandung bahan kimia yang dapat merusak sperma, sehingga dapat memperkecil kemungkinan untuk hamil. Gunakan cara alami untuk menghasilkan pelumas ya Bun, misalnya dengan melakukan foreplay.

d. Jangan merisaukan posisi saat berhubungan
Mitos seputar kehamilan memang banyak. Salah satunya adalah mitos dimana posisi misionaris bisa membuat peluang hamil lebih tinggi. Pada kenyataannya posisi saat berhubungan badan tidak membuat perbedaan pada peluang hamil. Lebih baik lakukan saja secara rutin dan tanpa beban saat berhubungan, agar bisa lebih berkualitas dan bisa meningkatkan peluang hamil.

e. Tetap di Atas Tempat Tidur Setelah Berhubungan
Cara yang pertama ini pasti sudah sering didengar. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap ini mitos apalagi jika saat berbaring harus mengangkat kaki di udara untuk memancing kehamilan. Namun pada dasarnya cara ini memang ternyata bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan. Setelah berhubungan baiknya tetaplah berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit tanpa mengangkat kaki ke udara. Usahakan untuk tidak ke kamar mandi sampai 10 menit setelah berhubungan. Hal ini tujuannya membuat sperma bisa masuk ke serviks dengan baik.

Baca Juga  Menurunkan Berat Badan Tanpa Menderita

f. Tidak melakukan aktivitas berat setelah berhubungan
Untuk memaksimalkan proses pembuahan, maka Bunda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat setelah berhubungan. Contohnya lompat-lompat, mengangkat beban berat, senam, atau kegiatan lain yang memungkinkan sperma keluar dari tubuh.

g. Frekuensi melakukan hubungan suami istri
Frekuensi yang direkomendasikan untuk berhubungan adalah 3-4 kali dalam seminggu. Berhubungan terlalu sering juga dapat mempengaruhi kualitas sperma ayah loh Bun. Walaupun sperma diproduksi setiap hari, tetapi sperma membutuhkan waktu untuk regenerasi. Sehingga jika sering dikeluarkan akan menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

h. Menjaga kualitas sperma
Tentunya Bunda sudah tahu bahwa artis dari proses pembuahan adalah sel telur dan sperma, oleh karena itu kualitas sperma harus dijaga. Sperma yang berkualitas dan sehat dengan jumlah yang cukup memiliki peluang untuk mencapai dan menembus sel telur.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Tubuh terlalu gemuk biasanya memang akan sulit untuk hamil, tubuh terlalu kurus pun sama saja. Sebaiknya jaga berat badan untuk berada di angka ideal karena ini bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita. Ada penelitian yang menyatakan kalau wanita obesitas butuh waktu dua kali lebih lama untuk hamil, sementara untuk wanita terlalu kurus justru membutuhkan 4 kali lebih lama untuk hamil.
Lemak tubuh yang berlebih bisa menghambat tubuh untuk memproduksi estrogen sehingga ovulasi dapat terganggu. Jadi sebaiknya jaga berat badan tetap ideal sehingga bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita dan pria. Sementara untuk wanita yang terlalu kurus biasanya mengalami gangguan pada menstruasi bahkan bisa berhenti ovulasi.
Beberapa tips yang dapat bunda dan suami lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal :
a. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik seperti olahraga
b. Kurangi makanan berlemak
c. Perbanyak konsumsi sayur dan buah lebih banyak
d. Minum air putih 2 liter/hari
e. Hindari makanan dan minuman yang kaya akan gula
f. Istirahat yang cukup
g. Jangan merokok dan hindari alkohol
h. Hindari dan kelola stres

3. Memulai Pola Hidup Sehat
Tubuh kita bekerja 24 jam untuk terus bisa berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan berbagai cara hidup sehat juga bisa mencegah atau membantu Anda mengelola berbagai masalah kesehatan.
Penting untuk menjaga pola yang sehat agar tubuh tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan terhindar dari berbagai penyakit, sehingga lebih mudah untuk hamil.

a. Sempatkan berolahraga
Cara hidup sehat dengan olahraga adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2½ jam setiap minggunya.
Sempatkan untuk berolahraga karena melakukan peregangan bagus untuk tubuh dan pikiran Anda. Lakukan olahraga yang Anda sukai, misalnya berlari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya.
Anda juga dapat melakukan latihan di pusat kebugaran untuk membantu membakar kalori dan membentuk massa otot. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

b. Tidur yang cukup
Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya. Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru.
Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan Anda. Akan lebih baik jika Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga  Bahaya Kekurangan Vitamin D, Kenali Tanda-Tandanya

c. Minum air putih yang cukup
Cara memulai hidup sehat bisa dengan rutin mengonsumsi air putih. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga dapat menambahkan irisan lemon, jeruk atau timun untuk membuat air menjadi lebih segar.
Sebaiknya, hindari minuman ringan bergula dan minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tak bernutrisi, serta dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2. Selain itu, hindari pula alkohol karena dapat memberi efek negatif pada tubuh.

d. Memilih makanan yang baik
Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Ini juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan normal.
Pastikan dalam piring Anda terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

e. Menjaga berat badan ideal
Obesitas dikaitkan dengan usia yang lebih pendek dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan dalam kisaran yang normal.
Mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan ideal.

f. Hindari rokok dan alkohol
Menurut ahli, merokok menjadi salah satu pemicu terbesar timbulnya berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Jika Anda ingin mewujudkan hidup sehat, tentu saja Anda harus berhenti merokok.
Meski berhenti merokok bukan perkara mudah, sebaiknya pikirkan berbagai konsekuensi buruk akibat merokok yang dapat terjadi pada Anda dan keluarga. Rokok dapat merusak paru-paru dan jantung, disfungsi ereksi, bahkan mampu mempercepat kerutan pada kulit.
Sama dengan rokok, jika ingin menerapkan hidup sehat, Anda perlu menghindari alkohol. Batasan konsumsi alkohol untuk orang yang menjalani hidup sehat adalah 5-15 gram per hari (untuk wanita) dan 5-30 gram per hari untuk pria. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

g. Memelihara kesehatan mental
Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang buruk dapat mempngaruhi energi dan fokus Anda, bahkan meningkatkan peluang terkena penyakit jantung.
Jika Anda merasa stres, cemas, depresi, atau masalah lainnya, Anda dapat membicarakannya pada pasangan, keluarga atau teman untuk meringankan perasaan Anda. Namun bila itu tidak menolong, Anda dapat meminta bantuan pada psikolog.

h. Sempatkan berjalan-jalan
Cara hidup sehat sederhana bisa dimulai dengan tetap melakukan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan. Beberapa menit berada di bawah sinar matahari pagi, dapat meningkatkan kadar vitamin D yang baik untuk tulang, jantung, dan suasana hati Anda.
Berada di luar ruangan juga cenderung membuat tubuh Anda lebih aktif bergerak. Akan lebih baik jika Anda sempatkan untuk berjalan-jalan di alam terbuka yang dapat membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Baca Juga  Mantan Penderita Stroke, Ini Panduan Makan Yang Benar

i. Rutin cek kesehatan
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memudahkan Anda mendeteksi suatu penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. Pemeriksaan kesehatan yang paling umum dapat Anda mulai dari pengukuran berat dan tinggi badan, tekanan darah, hingga cek dan deteksi dini kanker.

j. Menjaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga menjadi salah satu cara hidup sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah yang benar.
Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan, seperti mencegah perkembangan sumber penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

4. Kelola Stress
Stres merupakan sebuah gangguan mental yang biasa terjadi pada banyak orang. Stres dapat terjadi setiap harinya, dan dapat disebabkan oleh pekerjaan, keluarga, keuangan, dan masalah-masalah lainnya.Stres tidak boleh dibiarkan begitu saja karena semakin parah stres yang dialami, maka kehidupan Anda akan semakin terganggu. Gunakan beberapa cara mengatasi stres berikut ini sebagai panduan Anda dalam menghadapi stres.

a. Sayangi diri sendiri
Kita semua memiliki pikiran-pikiran yang terus mengalir dalam kepala masing-masing, dan kadang apa yang kita katakan kepada diri sendiri tidak selamanya baik. Misalnya seperti meragukan diri, menjelek-jelekan diri, sampai menyalahkan diri sendiri.
Tetap positif dan gunakan kata-kata yang halus terhadap diri sendiri akan membantu Anda tenang untuk mengendalikan situasi. Bicaralah kepada diri sendiri dengan cara yang halus dan memotivasi layaknya Anda membantu teman sendiri. “Semuanya akan baik-baik saja,” contohnya, atau “Aku pasti bisa melakukannya.”

b. Menuliskan hal-hal yang membuat Anda stres
Menuliskan isi pikiran Anda dapat menjadi sarana mengekspresikan emosi yang baik sebagai cara mengatasi stres. Setelah ditulis, Anda dapat mulai membuat rencana untuk menyelesaikannya. Tulislah hal-hal tersebut dalam catatan, handphone, laptop, atau media apa pun. Yang paling penting adalah Anda jujur dengan perasaan sendiri.

c. Ceritakan kepada teman
Ketika Anda merasa kewalahan, carilah bantuan melalui teman atau orang-orang yang Anda cintai sebagai cara mengatasi stres. Punya teman yang memiliki masalah seperti Anda? Malah lebih baik lagi. Dengan bercerita, Anda berdua akan merasa lebih baik dan tidak kesepian.

d. Berolahraga
Ketika berkeringat, suasana hati akan membaik, pikiran akan lebih jelas, dan Anda dapat beristirahat dari apa pun yang menyebabkan stres. Baik ketika Anda berolahraga dengan berjalan kaki maupun menjalani latihan intens di pusat kebugaran, Anda akan merasa lebih baik setelahnya.

e. Bermain dengan hewan peliharaan
Percaya tak percaya, berinteraksi dan bermain dengan hewan peliharaan kesayangan dapat menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh. Sebuah riset membuktikan, bermain dengan hewan peliharaan dapat merilis oxytocin, senyawa kimia pada otak yang dapat mengundang suasana hati positif.

f. Berlatih yoga
Yoga adalah aktivitas fisik atau olahraga yang menenangkan. Beberapa riset bahkan sudah membuktikan bahwa yoga dapat meningkatkan suasana hati dan dapat bertindak sebagai obat antidepresan. Bahkan, yoga dianggap sama efektifnya seperti obat antidepresan! Jadi, cara menghilangkan stres yang ini sangat patut dicoba!

5. Berdoa
Untuk setiap usaha manusia yang sudah dilakukan, tetap ada kuasa Tuhan yang menentukan. Jadi, sambil berusaha, jangan lupa untuk selalu berdoa ya Bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *